Home » , , , » Cara Membuat Yoghurt

Cara Membuat Yoghurt

Mesin untuk membuat shoft ice cream  dan mesin frozen yoghurt pada dasarnya dalam hal cara kerja mesin sama dengan mesin ice cream ini dioperasikan dengan menggunakan compressor pendingin yang mmebutuhkan  listrik. Yang membedakan pada shoft ice cream dengan frozen yoghurt adalah bahan yang dipakai sehingga hasil produksi dari mesin soft ice cream atau mesin frozen yoghurt dapat dinikmati seketika.


Jika anda penggemar frozen yoghurt harus jeli dalam memilih dan merasakan originalitas dari bahan yang digunakan, karena banyak sekali frozen yoghurt yang digunakan sudah tidak original. Hal ini akan mendegradasi fungsi dan manfaat yoghurt bagi kesehatan, dikarenakan bakteri yang terkandung didalamnya sudah tidak ada alias mati. Yang dinikmati jika bakteri yoghurt sudah mati hanya rasa dan aroma saja seperti yoghurt sedangkan manfaat utama tidak ada.
Bila Anda ingin membuat Yoghurt yang nikmat anda harus teliti dan hati2 membuatnya, sebab klo ga akan gagal.. Sebenarnya proses pembuatan yoghurt tidaklah rumit dan tidak perlu teknologi yang tinggi. Mungkin anda tidak menyadari bahwa peralatan yang selama ini terdapat di lemari dapur anda sudah memadai dan cukup jika kita ingin mencoba membuat yoghurt sendiri dengan volume yang terbatas seasuai dengan jumlah keluarga kita.

Nah.. Peralaatan yang di butuhkan cukup sederhana yaotu : kompor, lampu 10 watt, panci, ember yg tertutup, kain pembungkus, toples dan alat ukur.

Sedangkan bahan yang digunakan cukup susu non fat atau susu segar dan biang yoghurt. untuk peralatan cukup gunakan yang ada didapur.

Cara Membuat Yoghurt di Rumah :
  • Bahan      : Susu Non Fat 1 Liter, Biang Yoghurt ( Bakteri Yoghurt ) 
  • Peralatan : Kompor/heater, panci sedang, panci besar,  kain penutup, lampu 10 watt + kabel, botol, Alat pengaduk, Thermometer
  1. Bersihakan panci dan peralatan dengan air panas agar steril
  2. Masukan air kedalam panci besar dan masukan susu non fat ke dalam panci sedang.
  3. Masukan panci sedang kedalam panci besar dan lihat jangan sampai air di panci besar tumpah
  4. Taruh panci besar yang didalamnya ada panci kecil diatas pemanas ( kompor )
  5. Sambil dipanaskan susu didalam panci sedang diaduk2 hingga temperatur 80%
  6. Ganti air didalam panci besar yg panas dengan air dingin dan susu di dalam panci sedang di aduk2 hingga temperatur turun sampai 40 % ( hangat2 kuku)
  7. Masukan biang yoghurt sekitar 5% volume susu yang tadi dipanaskan.dan aduk atau kocok hingga rata.
  8. Setelah yakin rata masukan kedalam botol atau toples atau tempat lainnya yg telah di seterilkan ( di cucu air panas ) 
  9. Susu Yang telah di beri biang yoghurt dipindahkan kedalam toples atau botol yang steril dan tutup rapat-rapat. Kemudian dibungkus kain yang warna gelap.
  10. Masukan kedalam ember atau panci yg lebih besar yang didalamnya bisa dikasih lampu ( 10 watt ) agar temperatur terjaga antara 35 derajad hingga 40 derajad selama 24 jam untuk proses fermentasi ( pembiakan bakteri yoghurt). Kalo yoghurt sudah terbentuk ( aroma, asam dan kekentalan udah sesuai) aduk yoghurt hingga rata dan taruh di ruang pendingin atau kulkas dan biarkan sekitar 12 hingga 24 jam dan silahkan dikonsumsi.
  11. Selanjutnya untuk menikmati yoghurt yang lebih bervariasi silahkan dicampur dengan sari buah ( buah yang di ambil sarinya/airnya ). 
  12. Bagi yang tidak tahan terhadap rasa asam yoghurt bisa juga ditambahkan madu atau sari kurma agar manfaat untuk kesehatan bisa di rasakan dengan sempurna.
  13. Dengan menambahkan bahan stabilizer dan emulsifier dan dicampurkan ke dalam yogurt yang masih original dan ditambahkan susu yang non fat bisa langsung di masukan kedalam mesin ice cream atau mesin frozen yoghurt
Nah gampang khan ....... silahkan mencoba.
Share this article :

0 komentar:



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Resto Mesin Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger